Berbagai Jenis Dari Anemometer

Anemometer adalah alat untuk mengukur kekuatan atau kecepatan angin. Instrumen ini telah ada setidaknya sejak tahun 1450. Banyak jenis anemometer yang berbeda ada di pasaran, masing-masing dengan karakteristik yang unik. Beberapa perangkat mengukur lebih dari sekadar kecepatan angin. Beberapa orang untuk bersenang-senang membuat anometer mereka sendiri — itu adalah sesuatu yang mungkin ingin Anda coba juga.

Cup

Cup/cankir atau anemometer rotasi adalah salah satu jenis anemometer tertua. Cangkir ditempatkan pada sumbu vertikal, dan ketika angin menekannya, ini menyebabkan cangkir berputar. Semakin cepat cangkir berputar, semakin cepat kecepatan angin. Anemometer cangkir biasanya memiliki pembacaan digital. Para peneliti, lembaga pendidikan, dan ahli meteorologi di seluruh dunia menggunakan jenis anemometer ini untuk penelitian dan kegiatan komersial.

Hot Wire

Hot wire/Kawat panas atau anemometer aliran termal mengukur kecepatan dan tekanan angin. Perangkat ini berupa batang panjang dan di ujungnya ada kawat panas atau manik panas. Anemometer ditempatkan ke suatu lokasi dan saat angin bergerak di atas kawat panas, kawat didinginkan. Ada hubungan langsung antara kecepatan angin yang mengalir dan seberapa dingin kawat tersebut. Anda dapat menemukan jenis anemometer ini di bisnis pemanas, ventilasi, dan penyejuk udara — alat ini mengukur aliran udara melalui saluran bangunan.

Kincir angin

Anemometer kincir angin mengukur kecepatan dan arah angin. Anemometer memiliki baling-baling yang terletak di bagian depan perangkat dan bagian ekor yang besar. Saat angin bertiup, ia menekan baling-baling, membuatnya berputar. Kecepatan putaran baling-baling menunjukkan seberapa cepat angin bergerak setiap saat.

Tabung Bertekanan

Anemometer tabung tekanan disebut kaus kaki angin. Perangkat ini ditemukan di sekitar bandara. Bahan dibuat menjadi bentuk tabung dan dihubungkan dengan kabel. Saat angin bertiup, ia menangkap ujung tabung yang lebih besar. Anemometer ini memberikan arah angin karena ujung kaus kaki yang lebih besar akan bergerak ke arah angin. Semakin cepat angin bertiup, semakin tinggi tabung terangkat dari tanah. Tabung tekanan tidak menyediakan pembacaan tetapi merupakan pengukuran relatif dari kecepatan angin.

Ultrasonik

Anemometer ultrasonik mengirim pulsa sonik melintasi jalur ke sensor di sisi yang berlawanan. Saat angin bergerak lebih cepat, denyut nadi terganggu. Pengukuran gangguan ini memberikan data angin yang akurat. Anemometer ultrasonik tidak memiliki bagian yang bergerak dan dapat mendeteksi bahkan perubahan kecil pada angin. Perangkat biasanya memiliki empat sensor yang diatur dalam pola persegi. Beberapa unit dilengkapi dengan pemanas built-in.

Laser Doppler

Anemometer Laser Doppler memanfaatkan efek Doppler untuk menentukan aliran udara. Biasanya digunakan untuk aplikasi berteknologi tinggi seperti pada mesin jet, laser Doppler dapat mengukur bahkan perubahan sekecil apa pun dalam aliran udara. Jenis anemometer ini juga digunakan dalam hidrologi sungai.

Cek Juga: Jual Anemometer