Penyebab Rusaknya Tanaman dan Cara Mengatasinya

Crowde – Tumbuhan yang sehat dengan daun yang besar serta mekarnya kuncup dari tumbuhan tersebut pasti selalu menjadi hal yang dinanti-nanti oleh para penggiat di bidang pertanian. Meski begitu, terkadang ada saja beberapa hal yang dapat menjadi faktor perusak sebuah tumbuhan yang bisa menyebabkan tumbuhan tersebut menjadi layu hingga akhirnya mati. Bagi Anda yang menggeluti bidang pertanian, tentu hal tersebut adalah hal yang paling tidak diinginkan bukan? Berikut ini ulasan mengenai beberapa faktor penyebab rusaknya tumbuhan hingga cara mengatasinya.

  • Hama

Hama menjadi salah satu kasus umum yang sering ditemui oleh beberapa orang ketika menyangkut soal tanaman. Pada teorinya, hama merupakan hewan yang umumnya menyerang dan hinggap di salah satu bagian tumbuhan sehingga mengakibatkan tumbuhan tersebut memiliki tumbuh kembang yang tidak optimal dan dapat menyebabkan layu hingga kematian.

  • Penyakit 

Sama seperti manusia, tumbuhan juga dapat memiliki penyakit dan menularkan penyakit tersebut ke beberapa tumbuhan lainnya. Salah satu penyakit yang bisa dimiliki oleh tumbuhan adalah penyakit yang menyerang pembuluh pada batang tanaman dan biasanya disebabkan oleh jamur serta bakteri pathogen. Penyakit yang satu ini dapat menyerang tanaman dengan cara menyumbat aliran nutrisi di dalam tumbuhan.

  • Kerusakan akar

Kerusakan akar adalah penyebab umum yang sering kali ditemukan ketika penggunaan pupuk kimia dilakukan secara berlebihan. Meskipun penggunaan pupuk dapat memberikan dampak yang sangat positif pada tumbuhan dan juga tanah, penggunaan pupuk yang dilakukan secara terus-menerus dapat berimbas buruk pada tumbuhan itu sendiri, salah satunya dapat menyebabkan rusaknya akar tumbuhan.  – Crowde

Bagaimana Memperbaiki Pertumbuhan Sekarat?

Tumbuhan yang sudah “sekarat” dapat dikatakan memiliki tingkat kesembuhan yang sangat minim. Meski begitu, bukan tidak mungkin jika Anda rutin menjaga kesehatan dari tumbuhan Anda lagi. Seperti akar yang rusak terkadang dapat tumbuh kembali dengan pengelolaan yang cermat. Anda dapat meningkatkan drainase untuk tanaman Anda dengan penambahan kompos yang cukup dan juga rutin melakukan kontrol kesehatan dengan para ahli tanaman. 

Itulah tadi ulasan mengenai faktor yang kerap kali menjadi penyebab rusaknya sebuah tanaman dan cara mengatasinya. Meski begitu, dalam sebuah pengelolaan tanaman, apalagi bisnis pertanian, memiliki modal usaha untuk biaya pengelolaannya menjadi salah satu hal penting yang harus dimiliki oleh penggiat bisnis pertanian. Disinilah CROWDE hadir sebagai solusi bagi para petani agar mendapatkan modal usaha pertaniannya dan meningkatkan kesejahteraan petani Indonesia. Selain bertujuan meningkatkan kesejahteraan petani, CROWDE juga hadir untuk memberikan sebuah platform investasi pertanian bagi orang-orang yang ingin turut serta mendukung pemberdayaan petani di Indonesia. Mulai dari Rp10.000, Anda sudah bisa ikut mendukung terciptanya kesejahteraan petani Indonesia. Untuk informasi lebih lengkapnya, Anda dapat langsung mengunjungi laman resmi CROWDE di https://crowde.co/

Sumber : https://blog.crowde.co/3-faktor-penyebab-rusaknya-tanaman-dan-cara-mengatasinya/