Tips Mendesain Billboard Agar Efektif

Orang Indonesia menghabiskan lebih banyak waktu di jalan dan berarti billboard/ baliho tetap menjadi sebuah metode yang efektif untuk berkomunikasi dengan pembaca target Anda. Baliho adalah bentuk periklanan yang unik: dalam skala raksasa dan hanya dilihat beberapa detik oleh komuter yang fokus pada jalan raya. Strategi desain yang digunakan untuk membuat iklan online atau cetak tidak akan diterjemahkan dengan sempurna ke media ini – desain baliho yang baik perlu mempertimbangkan batasan dan kekuatan iklan baliho.

Berikut 12 tip untuk mendesain billboard yang efektif:

1. Berpikirlah Tunggal

Sajikan hanya satu pesan. Beberapa pesan di papan iklan Anda dapat mengacaukannya dan membuatnya lebih sulit untuk diikuti. Lebih penting lagi, meminta pembaca Anda untuk membagi perhatian mereka di antara dua pesan berbeda akan membuat keduanya kurang efektif. Desain papan reklame yang baik akan memamerkan satu produk, penawaran, atau layanan. Gunakan papan reklame Anda untuk mengkomunikasikan pesan tunggal itu saja.

2. Gunakan Warna untuk Menonjol

Pastikan setiap elemen desain – teks, latar belakang, gambar, dan grafik – memiliki warna yang cukup kontras untuk menonjol dari yang lain. Kontras tinggi mungkin mengharuskan Anda memilih palet warna yang kurang menarik – putih atau hitam untuk teks dan latar belakang warna terang atau gelap yang kontras – tetapi anggap itu sebagai peluang untuk desain yang berani. Teks dan gambar yang tidak kentara atau memudar ke latar belakang akan membuat Anda lebih sulit mengatakan apa yang Anda ingin pemirsa lakukan – atau bahkan siapa Anda dan apa yang Anda jual.

Cek Juga: Jasa Huruf Timbul

3. Jaga Tipografi Anda Tebal

Baliho Anda harus dapat dibaca semaksimal mungkin. Gunakan font yang jelas dan mudah dibaca dari jarak jauh. Hindari font tulisan tangan dan kursif bersama dengan apa pun yang memiliki banyak gangguan visual atau kekasaran.

4. Sertakan Ajakan Bertindak

Desain papan reklame Anda perlu meminta tanggapan yang dapat ditindaklanjuti. Anda dapat membuat daftar nomor telepon untuk dihubungi, situs web untuk dikunjungi atau aplikasi untuk diunduh, tetapi Anda perlu menawarkan langkah berikutnya. Skenario kasus terbaik tanpa elemen ini, Anda mungkin kehilangan pembaca yang akan diarahkan ke bisnis Anda jika Anda memberikan ajakan bertindak. Kasus terburuk, pembaca Anda mungkin dibiarkan menggaruk-garuk kepala dan bertanya, “Apa sebenarnya yang coba dilakukan papan iklan ini?”

5. Ingat Bahwa Salinan Pendek Lebih Baik

Tidak ada satu kata atau karakter yang diinginkan, tetapi lebih sedikit salinan biasanya lebih baik daripada lebih banyak. Pesan terbaik mungkin membutuhkan lebih banyak tulisan daripada yang ingin Anda taruh di papan reklame. Dalam hal ini, mempertaruhkan salinan yang lebih panjang bisa jadi sepadan. Namun, jika memungkinkan, kurangi jumlah tulisan yang Anda butuhkan untuk mengkomunikasikan pesan Anda.

6. Tetap Konsisten

Perlakukan papan reklame Anda seperti bagian dari rencana pemasaran Anda secara keseluruhan dalam hal desain, penampilan, dan gaya keseluruhan. Pertahankan warna, jenis, dan citra konsisten dengan merek Anda lainnya. Desain papan reklame Anda harus cocok dengan semua materi pemasaran lainnya dari kampanye yang sama. Pesan yang sama, tampilan yang sama dan tentunya produk yang sama.

7. Pilih Satu Gambar Yang Baik

Hindari mengacaukan desain billboard Anda dengan gambar. Satu grafik atau gambar berdampak tinggi akan melakukan lebih banyak pekerjaan daripada beberapa karena tidak ada cukup waktu bagi orang untuk menghargai elemen desain halus atau kecil di papan iklan. Pilih sesuatu yang berani, kontras, dan jelas sebagai satu-satunya elemen yang berbeda dalam desain papan iklan Anda.

Simak Juga: Neon Box Huruf Timbul

8. Jangan Takut Berinovasi

Kebanyakan papan reklame cukup standar – warna solid untuk latar belakang, beberapa teks, pesan dan grafik. Baliho seperti ini mudah berbaur dengan perjalanan pagi pengemudi.

Ada berbagai cara untuk bermain-main dengan batas-batas papan reklame dan membuat iklan pintar yang akan menonjol. Desain papan reklame yang unik menggunakan bentuk yang menarik atau mengubah tepi tanda, meremas bingkai, atau membiarkan iklan keluar darinya. Beberapa desain bahkan menggunakan teknologi seperti detektor gerakan untuk menarik perhatian pejalan kaki saat mereka lewat.

Anda tidak memerlukan desain tiga dimensi yang sangat mewah untuk membuat papan reklame yang efektif. Bahkan sesuatu yang sederhana seperti perubahan siluet dapat membantu sebuah papan reklame muncul dari lanskap.

9. Ketahui Ukuran Font

Ukuran font Anda akan mempengaruhi jarak pembacaan billboard Anda dan juga berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membaca. Memilih ukuran font billboard yang tepat akan menjadi tindakan penyeimbang antara font yang paling mudah dibaca dan elemen lain dari desain Anda.

Secara umum, tipe yang lebih besar lebih baik – tetapi selalu ada pengecualian. Baliho yang menargetkan pejalan kaki dapat menggunakan font yang lebih kecil karena pembaca mereka lebih dekat dengan iklan.

10. Ingat Di Mana Anda Berada

Atau, lebih baik lagi, di mana konsumen Anda berada. Di luar lalu lintas, target pembaca papan iklan jalan raya bepergian dengan kecepatan antara 50 dan 80 mil per jam. Anda memiliki waktu sekitar tujuh detik untuk melakukan promosi. Sebagian besar tip desain billboard diatur berdasarkan prinsip desain standar yang berfungsi di mana saja – jaga agar tetap jelas, konsisten, dan dirancang agar mudah dibaca. Desain yang baik adalah yang terbaik saat pembaca Anda bergerak secepat mereka.

Cek Juga: Harga Huruf Timbul Acrylic

11. Ketahui Siapa yang Tinggal Di Sana

Kekhususan menjual. Saat Anda mendesain papan reklame, ingatlah di mana ia akan ditempatkan dan jenis pemirsa yang ingin Anda targetkan. Lokasi, pendapatan, dan apakah seseorang adalah pemilik rumah atau menyewa – faktor-faktor ini semuanya dapat memengaruhi cara Anda beriklan. Orang memperhatikan saat mereka merasa sedang dikomunikasikan secara langsung dan spesifik. Manfaatkan informasi demografis yang aksesnya Anda miliki, dan rencanakan baliho Anda untuk berbicara dengan komunitas tempat mereka berada.

Anda juga harus mengingat perjalanan tertentu – baliho di jalan raya utama belum tentu diiklankan ke komunitas lokal. Pengemudi yang melihat papan reklame Anda mungkin datang dari jarak bermil-mil jauhnya.

12. Pilih Lokasi Anda dengan Bijak

Jika ada pohon di jalan, papan reklame kemungkinan tidak akan berhasil.

Baliho yang efektif berfokus pada satu pesan, jelas dalam pesan tersebut, dan tidak membingungkan pembaca dengan font yang tidak terbaca atau desain kontras rendah. Ikuti tips berikut, dan Anda dijamin akan mendapatkan baliho yang jelas dan menyampaikan pesan Anda secara efektif.

Kunjungi Juga: Neon Box Serpong