Penangkal Petir untuk Rumah Anda

Perlindungan petir dapat membantu Anda membatasi risiko kerusakan petir.

Bagaimana cara melindungi rumah Anda dari petir dan lonjakan arus listrik?

Listrik berarti lebih dari sekadar berbagai kemudahan yang terus berkembang. Bahaya petir dan lonjakan arus listrik sangat nyata. Misalnya, lonjakan listrik yang tiba-tiba dapat merusak banyak peralatan Anda secara diam-diam. Gangguan busur listrik dapat memicu kebakaran listrik – faktanya, listrik adalah penyebab kebakaran rumah tertinggi ketiga setiap tahun.

Atau petir bisa menyambar rumah Anda, menyebabkan kerusakan parah. Petir adalah bahaya cuaca paling berbahaya dan sering ditemui yang dialami kebanyakan orang setiap tahun. Jadi, luangkan waktu untuk meninjau beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk membantu melindungi diri Anda dan properti Anda.

Baca Juga: Pasang Penangkal Petir

Perlindungan lonjakan listrik pada rumah

Dari mana datangnya lonjakan listrik?

Lonjakan listrik adalah peningkatan tegangan secara tiba-tiba yang dapat merusak komponen listrik rumah Anda. Lonjakan dapat terjadi jika:

  • Alat listrik Anda mengalihkan daya dari satu area ke area lain.
  • Unit AC, tungku, lemari es, atau penyedot debu hidup atau mati.
  • Saluran listrik saling bersentuhan.
  • Sambaran petir di dekatnya terjadi.

Lonjakan dapat menurunkan saluran listrik, telepon, dan TV kabel. Saat terjadi lonjakan, perangkat elektronik dan peralatan yang tidak terlindungi dapat rusak. Kerusakan bertambah seiring waktu, hingga komponen alat gagal berfungsi. Perangkat Perlindungan Surge (SPD) yang dipasang dengan benar, dikombinasikan dengan sistem pengardean yang baik, akan membantu melindungi elektronik dan peralatan Anda dari semua kecuali sengatan listrik yang paling parah. SPD mengalihkan lonjakan ke tanah di sekitar rumah Anda, tempat gelombang menghilang. Itulah mengapa sistem pentanahan yang baik penting untuk perlindungan lonjakan arus.
Rencana perlindungan lonjakan langkah demi langkah

  • Langkah 1: Pertimbangkan untuk meminta teknisi listrik yang memenuhi syarat untuk memeriksa sistem pentanahan rumah Anda guna membantu memastikannya berfungsi dengan baik.
  • Langkah 2: Colokkan elektronik dan peralatan Anda ke SPD tempat penggunaan. Gunakan SPD port tunggal untuk peralatan yang hanya memiliki kabel daya dan SPD multi-port untuk peralatan yang memiliki antena, kabel, telepon, dan kabel daya.
  • Langkah 3: Pertimbangkan memasang sistem perlindungan lonjakan seluruh rumah untuk menyerap lonjakan lebih besar yang berasal dari luar rumah Anda. Perangkat ini dapat dipasang pada meteran listrik oleh perusahaan utilitas, atau di sebelah panel servis listrik oleh teknisi listrik.

Baca Juga: Alat Penangkal Petir

Apa itu Sistem Proteksi Petir?

Ketika petir menyambar, gelombang listrik yang dihasilkan dapat mengalir melalui saluran transmisi listrik ke rumah-rumah terdekat. Dan, tentu saja, sambaran petir langsung ke rumah Anda dapat menyebabkan kerusakan yang serius. Tetapi jika rumah Anda memiliki sistem proteksi petir, lonjakan yang disebabkan oleh petir mungkin lebih sering dibelokkan dengan aman ke tanah. Sistem proteksi petir tidak dimaksudkan untuk mencegah sambaran petir. Tujuannya adalah untuk menyediakan jalur yang aman di mana arus dapat dengan aman diarahkan ke tanah.

Ingatlah bahwa ini bukan proyek lakukan sendiri. Hanya kontraktor penangkal petir yang berpengalaman dan terkemuka yang terdaftar dan disertifikasi oleh Lightning Protection Institute (LPI) yang boleh memasang sistem ini. Spesialis berkualifikasi menggunakan bahan yang terdaftar di UL dan memastikan bahwa metode pemasangan sesuai dengan standar keselamatan LPI, UL dan diakui secara nasional.

Seperti apa sistem proteksi petir itu?

  • Terminal udara: Juga disebut sebagai penangkal petir, batang tembaga atau aluminium yang tidak mencolok ini dipasang secara vertikal di atap secara berkala. Terminal udara berfungsi sebagai reseptor sambaran, yang dirancang untuk mencegat sambaran petir.
  • Konduktor utama: Terbuat dari aluminium atau tembaga, kabel yang dikepang ini menghubungkan terminal udara ke komponen sistem lain dan arde.
  • Pengardean: Minimal dua batang arde, yang digerakkan setidaknya sedalam 10 kaki di dalam tanah diperlukan untuk semua struktur. Pengakhiran tanah mengarahkan arus berbahaya ke tanah, untuk menghilangkan kemungkinan cedera atau kerusakan pada struktur.
  • Ikatan: Ikatan menggabungkan benda logam (komponen atap) dan sistem bangunan yang diarde ke konduktor utama untuk memastikan konduktivitas dan mencegah kedipan samping (petir melompat di antara dua objek).
  • Arester dan penekan lonjakan arus: Lonjakan adalah peningkatan arus listrik karena sambaran petir pada atau di dekat saluran listrik atau layanan utilitas. Penekan lonjakan dipasang di panel listrik untuk mencegah masuknya tegangan lebih yang dapat menyebabkan kebakaran. Penahan yang dipasang di panel listrik membantu melindungi peralatan berat dan mencegah kebakaran di pintu masuk panel servis. Perangkat tambahan mungkin diperlukan untuk melindungi elektronik internal lainnya. Perangkat proteksi lonjakan biasanya dipasang bersama dengan sistem proteksi petir.
  • Perlindungan pohon: The Lightning Protection Institute merekomendasikan bahwa pohon apa pun yang lebih tinggi dari rumah atau dalam jarak 10 kaki dari struktur dilengkapi dengan sistem proteksi petir. Pohon tidak menawarkan perlindungan dan banyak pemilik rumah memilih agar pohon dilindungi demi nilai mereka sendiri. Pohon yang tidak terlindungi di dekat bangunan juga dapat menimbulkan bahaya lampu kilat samping ke rumah di dekatnya.

Sistem ini harus dirancang dan dipasang oleh kontraktor sistem proteksi petir yang berkualifikasi.

Cek Juga: Harga Penangkal Petir

Apa yang harus Anda lakukan saat ada petir di dekatnya?

Segera cari perlindungan. Bangunan tertutup menawarkan perlindungan terbaik. Jika tidak ada bangunan kokoh di dekatnya, masuk ke kendaraan dan tutup jendela.

  • Jika Anda tidak dapat menemukan tempat berlindung, pergilah ke daerah dataran rendah, berjongkok dengan kaki rapat dan tangan di lutut, dan tunggu hingga badai berlalu.
  • Jauhkan dari tiang listrik, menara, pohon yang terisolasi, atau badan air.
  • Jangan gunakan telepon yang dijalin dgn tali kecuali dalam keadaan darurat. Tanpa kabel dan telepon seluler aman digunakan.
  • Jauhkan dari peralatan listrik, TV, perapian, benda logam, jendela atau pintu.
  • Jika seseorang tersambar petir, hubungi layanan darurat setempat. Berikan pertolongan pertama jika Anda memenuhi syarat. Korban petir aman untuk disentuh dan membutuhkan perhatian medis segera.

Kunjungi Juga: Jual Penangkal Petir