Pintu Eksterior Baja Atau Kayu? Mana Yang Lebih Baik?

Setiap kali kita harus memilih pintu eksterior untuk rumah kita, dilema ini muncul. Mana yang harus kita pilih? Pintu eksterior kayu atau baja? Artikel ini akan menganalisis fitur signifikan dari kedua jenis pintu dan akan membantu Anda membuat keputusan.

Diketahui secara luas bahwa pintu eksterior harus menjadi penghalang yang efektif bagi pencuri dan penyusup lainnya sehingga memberikan rasa aman kepada penghuninya. Selain itu, mereka harus terlihat estetis karena menunjukkan selera kita dan menciptakan kesan pertama tentang rumah kita.

Kualitas lain yang juga penting misalnya kenyamanan penggunaan, tahan api, kedap suara yang baik dan yang paling krusial bagi sebagian pengguna adalah isolasi termal yang tinggi. Karena itu, pintu mana yang memiliki lebih banyak keunggulan?

Baca Juga: Pintu Garasi

Pintu eksterior kayu

Kayu, selama bertahun-tahun, merupakan bahan tradisional yang digunakan untuk pembuatan pintu dan orang menghargai keutamaannya. Sayap pintu kayu memiliki kualitas insulasi termal yang sangat baik, kedap suara yang baik, dan, tentu saja, tahan lama. Namun, kerugian utamanya adalah ketahanannya yang rendah terhadap kondisi cuaca.

Meskipun produk pelindung dan pengawet berteknologi canggih saat ini digunakan, pabrikan merekomendasikan untuk memasang pintu kayu setidaknya di bawah atap dan lebih disukai jika kita memiliki ruang depan.

Untuk membuat pintu kayu, kayu ek atau pinus sering dipilih. Kusen pintu terbuat dari bahan berlapis kayu dengan ukuran yang berkualitas tinggi yang menjamin keawetan serta stabilitas seluruh konstruksi meskipun masuk ke dalam kelembaban. Saat ini, produsen sering menggunakan elemen tambahan seperti penstabil baja atau bala bantuan lainnya untuk memperkuat pintu kayu. Papan HDF berbahan dasar kayu yang sangat tahan lama digunakan sebagai papan utama yang dilapisi dengan kayu, veneer alami, atau laminasi yang meniru struktur kayunya dengan cemerlang.

Pintu eksterior kayu sangat nyaman digunakan dan keunggulannya yang tidak perlu dipertanyakan adalah penampilannya bersama dengan kesan hangat dan bersahaja yang mereka ciptakan.

Simak Juga: Pintu Wina

Pintu eksterior baja

Pintu eksterior baja biasanya terbuat dari baja galvanis yang sangat tahan terhadap kondisi cuaca. Konstruksi sayap pintu sangat sering didasarkan pada stiles kayu dua lapis. Sebagai busa poliuretan isolasi termal atau polistiren yang diperluas digunakan.

Dari segi fiturnya, pintu besi baja tentunya lebih tahan terhadap kondisi cuaca buruk jika dibandingkan dengan pintu kayu. Namun, yang terakhir tampaknya lebih ramah pengguna.

Terlebih lagi, pintu baja menutup lebih keras daripada yang kayu. Selain itu, orang harus memperhatikan selama proses pemasangan karena setelah dipasang dan diisolasi dengan tidak benar, ini adalah generator besar kehilangan panas.

Sejauh menyangkut sisi perlindungan, pintu baja tidak terkalahkan. Terlepas dari kenyataan bahwa saat ini ada pintu kayu dengan parameter ketahanan yang sangat baik terhadap kerusakan, keseimbangan, kunci dan baut yang luar biasa, pintu baja tidak dapat dikalahkan.

Kunjungi Juga: Pintu Garasi Wina