Hal Yang Tidak Dilakukan Ketika Menyewa Mobil

Menyewa mobil adalah hal yang biasa dari pengalaman perjalanan yang prosesnya akan langsung dan transparan. Banyak wisatawan tidak yakin bagaimana cara menyewa mobil tanpa membuat beberapa kesalahan umum. Apakah saya perlu membeli asuransi tambahan? Bagaimana dengan membayar untuk mengisi bahan bakar mobil? Saya mendengar cerita tentang klaim kerusakan palsu; haruskah saya khawatir? Tidak ada orang di sekitar untuk memeriksa mobil bersamaku; apakah itu oke? Bisakah saya mengemudi ke negara lain? Apakah saya memerlukan semua yang mereka tawarkan di tempat rental? Pertanyaan-pertanyaan ini muncul cukup banyak setiap kali seseorang menyewa mobil. Sekali lagi, apa pun kecuali langsung.

Di antara semua pilihan Anda, ada beberapa hal yang tidak perlu Anda lakukan, atau bahkan tidak boleh lakukan, ketika menyewa mobil. Di bawah ini adalah beberapa di antaranya.

Biaya bensin prabayar menarik keinginan untuk kesederhanaan saat bepergian, dan juga kekhawatiran tentang terlambat untuk penerbangan, karena setiap beberapa menit ditambahkan ke perjalanan ke bandara membuat lebih banyak risiko untuk datang terlambat ke pesawat. Karena keamanan bandara telah menambahkan waktu yang cukup untuk proses ini, perusahaan penyewaan telah datang dengan opsi baru untuk pengisian bahan bakar mobil, dan memberi mereka penjualan keras di meja penyewaan.

Selain Anda benar-benar yakin Anda akan mengembalikan saat tangki kosong, atau Anda memiliki penerbangan subuh yang akan membuatnya sepadan dengan uang untuk tidak harus mengisi bahan bakar sendiri. Bahkan opsi di mana perusahaan menagih Anda hanya untuk bahan bakar yang benar-benar Anda gunakan secara agresif menguntungkan biro penyewaan karena biaya untuk membuat mereka mengisi bahan bakar mobil Anda hampir selalu lebih tinggi daripada biaya melakukannya sendiri.

Baca Juga: Sewa Mobil

Untuk itu jangan membuat kesalahan beriku ini:

Waktu terbaik untuk menemukan tempat mengisi bahan bakar kendaraan Anda adalah segera setelah Anda mengambilnya. Saat Anda berkendara jauh dari bandara atau agen penyewaan, perhatikan pompa bensin lokal, dan buat rencana untuk kembali ke yang paling mudah diakses atau paling murah harganya di akhir rental Anda. Lingkungan di sekitar bandara bisa membingungkan dan tidak dikenal, sehingga Anda tidak ingin mengemudi dalam lingkaran mencari pompa bensin saat waktu penerbangan Anda mendekat. Cari tahu ini di jalan keluar Anda, ketika Anda tidak terdesak waktu.

Sebelum menerima yang ini pada nilai nominal, harus ditekankan bahwa polis asuransi mobil dapat sangat bervariasi, sehingga Anda akan ingin memeriksa dengan perusahaan asuransi Anda sendiri secara langsung. Jika Anda memiliki cakupan minimum yang diizinkan secara hukum, itu mungkin tidak termasuk cakupan untuk mobil sewaan — sedangkan jika Anda memiliki apa yang oleh perusahaan disebut “cakupan penuh,” hampir pasti demikian, setidaknya di negara asal Anda. Hubungi atau email perusahaan asuransi Anda untuk mengetahuinya.

Secara umum, aturan praktisnya adalah bahwa pertanggungan yang Anda miliki untuk kendaraan utama Anda meluas ke kendaraan sewaan Anda, karena persewaan itu dianggap sebagai kendaraan pengganti berdasarkan polis. Jadi jika Anda memiliki cakupan komprehensif pada mobil Anda sendiri, kebijakan Anda juga akan memberi Anda cakupan komprehensif untuk kendaraan sewaan.

Simak Juga: Sewa Mobil Alphard Jakarta

Sebagian besar kebijakan akan melindungi Anda meskipun mobil sewaan adalah mobil yang “lebih baik” atau lebih berharga daripada mobil Anda sendiri, jadi Anda tidak perlu khawatir jika Anda mendapatkan peningkatan atau menyewa mobil yang jauh lebih baik daripada yang Anda asuransikan di rumah .

Perhatikan, bagaimanapun, bahwa kecelakaan dalam mobil sewaan biasanya akan menaikkan tarif Anda jika Anda harus mengajukan klaim atas polis asuransi Anda sendiri.

Apa pun yang tidak ditanggung asuransi mobil Anda, kemungkinan kartu kredit Anda akan memilikinya. Dalam beberapa kasus, perlindungan kartu kredit sama baiknya atau lebih baik daripada asuransi mobil Anda; di pihak lain, ini dimaksudkan sebagai asuransi sekunder untuk membantu menutupi apa pun yang tidak dijamin oleh asuransi mobil Anda.

Tentu saja, Anda harus membayar sewa mobil menggunakan kartu itu; memiliki kartu kredit yang memenuhi syarat tidak memberi Anda perlindungan.

Ketika mobil sewaan rusak, biaya “kehilangan penggunaan” diberlakukan untuk menutup potensi pendapatan yang hilang ketika kendaraan keluar dari jalan untuk perbaikan. Ini biasanya dibebankan dalam jumlah sewa sehari untuk kendaraan itu, dan sebagian besar perusahaan asuransi mobil tidak menanggung biaya ini. Namun, banyak kartu kredit menawarkan perlindungan “kehilangan penggunaan” dengan pembayaran sewaan dengan beberapa kartu mereka. Periksa syarat dan ketentuan sebelumnya untuk memastikan.

Di masa lalu, saya merekomendasikan memesan mobil murah dan kemudian bertanya tentang peningkatan di meja sewa. Ini bekerja paling baik di saat-saat sibuk ketika garasi hampir habis pada kendaraan termurah, dan mungkin menawarkan Anda upgrade gratis atau sangat terjangkau ke kelas mobil yang lebih besar karena masalah manajemen inventaris.

Cek Juga: Sewa Mobil Jakarta

Dalam banyak kasus, agen memiliki kekuasaan besar dalam menetapkan tingkat peningkatan, jadi jika dia bertanya apakah Anda tertarik dengan mobil yang lebih besar, jawablah bahwa itu tergantung pada harganya; Anda mungkin menemukan diri Anda dalam mobil yang lebih besar dan lebih baik dengan biaya tambahan minimal.

Banyak program keanggotaan menjalin hubungan dengan perusahaan penyewaan mobil sebagai anggota. Ini termasuk organisasi perjalanan seperti AAA, program frequent flyer maskapai, organisasi khusus usia seperti AARP, dan bahkan beberapa kelompok yang fokus pada olahraga atau hobi. Diskon mobil sewaan biasanya terdaftar di situs web organisasi; Anda sudah membayar iuran keanggotaan, jadi lihatlah sebelum memesan, dan Anda bisa menemukan banyak hal.

Ketika Anda mengambil mobil Anda, periksa di dalam dan luar untuk apa pun yang berpotensi dianggap kerusakan sebelum Anda pergi. Cari goresan, lecet, bagian yang longgar, dan jendela dan cermin yang berfungsi.

Mengawasi masalah baik kecil maupun besar di sekitar mobil mencari goresan dan cacat, berpikir bahwa masalah besar pasti sudah diperhatikan, tetapi ini tidak selalu terjadi. Saya pernah menyewa mobil dengan bumper belakang longgar yang tidak pernah diperhatikan oleh perusahaan rental mobil. Jika saya tidak menangkap ini sebelum kami meninggalkan garasi dan seorang inspektur melihatnya nanti, saya akan bertanggung jawab penuh.

Perlindungan terbaik Anda di sini: Ambil foto atau video di sekitar mobil, dan perhatikan ban.

Baru-baru ini, prosedur pengembalian mobil telah menyerupai check out hotel, di mana Anda meninggalkan kartu kunci Anda di meja malam dan keluar pintu lobi dengan hanya melambaikan tangan ke meja depan. Pengembalian sewa mobil juga merasakan hal yang sama; sesering mungkin, Anda mengikuti rambu di belakang deretan mobil yang baru saja kembali, mengeluarkan barang-barang Anda, meninggalkan kunci di dalam mobil, dan berjalan pergi tanpa berbicara dengan siapa pun secara langsung.

Lihat Juga: Sewa Mobil Lepas Kunci Jakarta

Jika merasa tidak nyaman hanya meninggalkan mobil tanpa agen memeriksanya, itu seharusnya; keluhan paling serius tentang perusahaan penyewaan mobil dalam beberapa tahun terakhir adalah perselisihan tentang klaim kerusakan. Jika tidak ada petugas yang hadir pada saat dropoff (dan kadang-kadang bahkan ketika ada), perselisihan kemudian menjadi kata Anda terhadap mereka.

Sekali lagi, perlindungan terbaik Anda di sini adalah mengambil foto atau video berjalan lambat di sekitar mobil.

Sebagian besar perjanjian sewa mobil di Indonesia tidak mengizinkan Anda mengemudi mobil melintasi batas internasional. Selain itu, asuransi mobil Indonesia jarang mencakup penyewaan mobil internasional, sehingga Anda mungkin ingin membeli asuransi dari perusahaan rental pada saat rental.

Perusahaan kartu kredit dapat membantu di sini, karena sebagian besar menawarkan perlindungan di banyak tujuan internasional.

Di luar Indonesia, kebijakan mengenai penyeberangan perbatasan bervariasi menurut tujuan dan agen penyewaan mobil. Dalam beberapa kasus, mengemudi ke negara lain diizinkan jika Anda memberikan pemberitahuan terlebih dahulu dan / atau membayar biaya tambahan.

Jika Anda berkendara melintasi perbatasan internasional tanpa otorisasi dan Anda memiliki masalah, perlindungan kontrak sewa, asuransi, dan sumber lainnya dapat diabaikan.

Kunjungi Juga: Rental Mobil Jakarta