Cara Menggunakan Alat Pengukur Tekanan / Pressure Gauge

Prinsip kerja pengukur tekanan agak sederhana, namun sangat efektif. Alat pengukur tekanan adalah alat pintar dan sangat penting di sebagian besar pabrik proses. Karena itu, mereka harus dapat diandalkan dan mudah digunakan.

Jadi, bagaimana cara kerja alat pengukur tekanan? Gauge menggunakan tabung bagian dalam yang terhubung ke rakitan roda gigi dan poros yang bekerja bersama untuk menggerakkan pointer. Ketika tekanan dalam tabung melonjak, tabung sedikit mengental. Saat tabung terlepas, gerakan memicu sistem roda gigi dan poros yang menggerakkan penunjuk pada pengukur. Jumlah gerakan uncoiling yang terjadi relatif terhadap tekanan di dalam tabung. Gerakan ini kemudian menginformasikan pointer, memberi Anda tekanan membaca.

Simak Juga: Baumer Indonesia

Cara menggunakan pengukur tekanan

Pengukur tekanan adalah alat pemantauan penting yang membantu Anda menjalankan proses Anda secara efisien dan dengan sedikit waktu henti. Alat pengukur tekanan adalah teman Anda dan harus dipahami dengan baik untuk dimanfaatkan sebaik mungkin.

Sebagian besar proses perlu memonitor tekanan diferensial untuk melaporkan kesehatan dan efisiensi peralatan. Karena itu, pengukur tekanan biasanya dipasang berpasangan. Tekanan diferensial dapat menunjukkan energi yang hilang melalui peralatan seperti pompa, kompresor, katup, dan filter. Inilah cara Anda memantau efisiensi, menghindari waktu henti dan kehilangan uang.
Bagaimana alat pengukur tekanan dikalibrasi?

Hal pertama yang perlu dipertimbangkan sebelum mengkalibrasi ukuran Anda adalah bahwa tidak ada metode standardisasi khusus. Metode yang digunakan biasanya tergantung pada proses dan aplikasi yang dimaksudkan untuk mengukur. Dengan mengingat hal ini, pengukur tekanan dapat dikalibrasi menggunakan pengukur berat mati, kalibrator pneumatik standar atau kalibrator lain yang sesuai.

Cek Juga: Jual Fitting

Di bawah ini adalah 7 langkah dasar untuk membantu Anda mengkalibrasi pengukur tekanan Anda:

1. Pastikan metode kalibrasi pilihan Anda telah dikalibrasi sesuai dengan referensi pabrikan.
2. Sambungkan pengukur tekanan untuk memastikan katup blok berfungsi untuk mengisolasi sumber tekanan dari seluruh sistem dan katup pendarahan untuk melepaskan tekanan.
3. Atur kursor sehingga angka tersebut berbunyi nol pada skala.
4. Berikan tekanan maksimum yang dapat diukur dan disesuaikan ukurannya sampai gauge menunjukkan tekanan yang tepat.
5. Dengan menggunakan katup berdarah, isolasi sumber tekanan dan tekan sistem sepenuhnya.
6. Periksa apakah pengukur membaca nol dan sesuaikan jika perlu.
7. Ulangi langkah empat hingga enam sampai semua bacaan akurat.

Setelah Anda menyelesaikan langkah-langkah ini, Anda dapat menuliskan semua bacaan Anda ke lembar kalibrasi untuk menggunakan tolok ukur dan untuk digunakan sebagai data untuk sertifikasi kalibrasi jika diperlukan.

Kunjungi Juga: Parker Indonesia