Tips Membangun Rumah Dengan Biaya Minimum

Harga rumah yang menjulang tinggi membuat para calon penghuni harus memperhitungkan banyak hal sebelum membangun sebuah rumah, terlebih untuk kamu yang mempunyai budget terbatas. Sesungguhnya membangun rumah tidak serumit yang dibayangkan asalkan kamu cukup teliti dalam merancang persiapan untuk membangun sebuah rumah.

Kamu yang sekarang ini sedang menghadapi masalah di atas, langsung saja simak cara hemat membangun rumah di bawah ini.

Kunjungi Juga: Residential Complex for Rent Jakarta

1. Bangun Rumah Di Lahan Yang Kecil

Seandainya kamu baru mempunyai rencana membeli tanah kosong untuk membangun rumah, pilihlah luas lahan yang relatif kecil. Luas lahan yang kecil membuat semuanya menjadi lebih mudah. Biaya yang kamu keluarkan untuk membeli tanah jelas lebih murah.

Lahan yang kecil mewajibkan kamu membangun rumah yang relatif kecil juga, sehingga biaya untuk membangun rumah menjadi lebih murah. Pajak yang kamu bayar juga akan lebih murah. Dengan berbagai keuntungan yang ada dalam menggunakan lahan yang kecil, hidup kamu ke depannya dapat lebih simpel dan keseluruhan biaya menjadi relatif murah.

2. Buat Anggaran Keperluan Bahan Secara Detil

Rencanakan pembangunan rumah secara jelas dan terperinci. Jika kamu sudah tahu ukuran bangunan, bentuk rumah, dan target waktu pembangunan, saatnya membuat anggaran secara detil. Anggaran keperluan ini akan menjadi referensi setiap kali akan membayar semua keperluan pembangunan nantinya.

3. Membangun Rumah yang Simpel

Apakah kamu menginginkan rumah dengan gaya arsitektur modern, kontemporer, kolonial, art deco, atau tradisional? Bangunlah rumah yang sederhana dan fungsional. Hindari pemakaian detil yang berlebih, karena hal itu pastinya akan membuat biaya pembangunan rumah menjadi besar. Rencanakan bangun rumah kamu tanpa banyak penambahan model yang memakan biaya besar.

Mengapa demikian? Pastinya disaat membangun rumah yang lebih ringkas, proses pembangunan rumah menjadi lebih mudah. Ketika proses lebihmudah, pengeluaran jadi lebih sedikit karena para tukang tidak perlu merasa kesulitan disaat membangun rumah. Kedua, dengan bangunan yang sederhana, perawatan rumah menjadi lebih mudah.

Cek Juga: Apartment Rental Jakarta

4. Jangan Pilih Material Dengan Kualitas Rendah

Siapa sih yang tidak berharap rumahnya tahan lama sampai puluhan atau ratusan tahun seperti rumah kolonial Belanda? Walaupun budget kamu minim, usahakan pilih bahan yang bermutu untuk membangun rumah impianmu. Tetapi, bukan berarti kami memaksa kamu untuk menggunakan material yang mahal. Material murah tidak selalu murahan. Bangun rumah kamu dengan bahan material yang berkualitas tetapi murah. Kamu bisa menemukannya meskipun mungkin tidak mudah.

5. Gunakan Material Rendah Perawatan

Saat kita membahas perihal bahan yang berkualitas, tidak semua bahan berkualitas cocok disaat membangun rumah dengan budget minim. Perhatikan bagaimana perawatan material yang kamu pilih untuk membangun rumah. Jangan sampai kamu menggunakan suatu material, tapi perawatannya menyusahkan hingga kamu harus menghabiskan biaya sekedar untuk perawatan.

Misal, saat ini genteng berbahan metal dapat menjadi alternatif lebih baik ketimbang genteng berbahan dasar tanah liat. Perawatan genteng berbahan metal tidak perlu dilakukan berkali-kali, tidak seperti genteng tanah liat yang harus diganti secara terjadwal , apalagi jika ada bagian genteng yang pecah. Hindari pemakaian lantai kayu yang tidak tahan lama jika terkena air. Masih banyak pilihan material yang rendah perawatan untuk membangun rumah yang kamu inginkan.

Baca Juga: Expat Housing Jakarta

6. Gunakan Desain Rumah Minimalis

Bukan hanya karena model yang sedang popularitas sekarang ini, namun desain rumah minimalis punya banyak kelebihan dalam hal bangunan rumah. Salah satu ciri konsep rumah minimalis yaitu membuat sebuah ruangan menjadi multifungsi. Contoh, ruang dapur dapat difungsikan sekaligus menjadi ruang makan.

Tanpa banyak ruangan, konsep desain minimalis tentu sanggup menekan biaya pemakaian bahan bangunan. Selain itu, kamu yang tidak menggunakan jasa arsitek tidak perlu cemas, karena banyak desain minimalis yang dapat kamu tiru dan amati di internet.

7. Lakukan Survei Harga Material

Salah satu faktor yang membuat biaya bangun rumah membengkak adalah biaya bahan bangunan. Toko-toko bangunan punya harga material yang sungguh-sungguh variatif. Oleh karena itu, sebelum mulai membeli, sediakanlah waktu khusus untuk riset di lapangan maupun di internet.

Bisa jadi harga semen di kios A lebih murah dari kios B, namun harga besi di kios B masih lebih murah dari kios A. Tidak perlu sungkan untuk keluar masuk toko bangunan dan melakukan riset harga. Buatlah catatan daftar perbandingan harga dengan memperhitungkan juga biaya transportasi menuju toko bangunan tersebut. Lakukan dengan teliti dan seksama supaya benar-benar mendapat harga terbaik dan dapat dijadikan ukuran disaat hendak membeli material. Bangun rumah kamu dengan cara yang smart.

Simak Juga: Compound House for Rent Jakarta

8. Gunakan Jasa Tukang Bangunan Borongan

Tukang bangunan punya peran penting dalam membangun rumah. Biasanya, biaya untuk membayar jasa mereka yang paling banyak menyita anggaran cukup besar. Ada dua jenis cara pembayaran jasa tukang bangunan, yaitu harian dan borongan. Keduanya punya kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Pekerjaan tukang harian umumnya dievaluasi mempunyai kualitas kerja yang lebih baik dibanding cara borongan, karena cara borongan mendorong tukang untuk buru-buru mengatasi pekerjaannya supaya cepat selesai. Di sisi lain, pada cara borongan kamu bisa memprediksi total biaya pekerjaan dengan lebih pasti ketimbang cara harian. Cara borongan umumnya juga lebih cepat ketimbang cara harian, sehingga lebih dapat menekan biaya.

9. Bangunlah Rumah Secara Bertahap

Merasa khawatir anggaran yang kamu punya masih terbatas, bukan berarti kamu harus menunda proses dalam hal bangun rumah. Kamu dapat membangun secara berjenjang, misal mulai dari pondasi, pendirian bangunan, pemasangan atap, sampai tahap penyelesaian.

Kamu dapat mengeluarkan biaya sesuai anggaranmu saat ini untuk pembangunan tahap awal, lalu menabung kembali untuk tahap selanjutnya. Cara ini dapat menahan biaya, sehingga uang yang dikeluarkan tidak membuat kantong jebol.

Kelebihan lainnya, kamu dapat membeli dan menggunakan material secara efisien, sehingga menghindari pemakaian material yang tidak terpakai dan terbuang.

Cek Juga: House Rental Jakarta

10. Kurangi Pemakaian Furnitur Built-in

Sekarang ini, furnitur built-in cukup diminati karena fleksibilitasnya (dapat didesain sesuai kemauan kita). Tapi tahukah kamu bahwa pemakaian furnitur built-in dapat membuat biaya untuk membangun rumah menjadi bertambah besar?

Disaat kamu menginginkan furnitur built-in, kamu tidak dapat membeli secara langsung (ready stock di toko). Selain itu, kamu juga harus menambah biaya lagi pada jasa tukang khusus untuk membuat furnitur built-in. Pemasangan furnitur built-in juga lebih kompleks ketimbang furnitur pada umumnya.

11. Meminta Bantuan Jasa Desain Interior

Banyak orang kurang memperhatikan perihal desain interior pada saat ingin bangun rumah dengan budget yang minim. Kamu ingin menekan biaya, jangan ragu untuk menyerahkan urusan desain terhadap jasa desain profesional dalam hal membangun rumah. Pilih arsitek, desainer interior dan kontraktor dengan reputasi yang baik. Jasa dari pihak-pihak yang profesional penting karena dapat meminimalisir kekeliruan dalam membangun rumah yang mungkin saja akan terjadi.

Itulah tadi tips penting disaat kamu ingin membangun rumah dengan biaya yang minim. Jika kamu telah membaca tips-tips tersebut, kamu telah siap untuk membangun rumah kamu! Jangan lupa, kamu dapat menemukan banyak furnitur dan dekorasi untuk rumah kamu di internet. Tida perlu bingung lagi membangun rumah sendiri dengan dana terbatas. Selamat mewujudkan hunian idamanmu dengan tips di atas!

Kunjungi Juga: Service Apartment Jakarta