Tips Membeli Apartemen yang Menguntungkan bagi Anda

Popularitas properti di Indonesia memang selalu mengalami perubahan. Terkadang dapat naik, tidak jarang pula dapat turun. Tetapi meskipun demikian investasi properti tetap saja menggiurkan. Apalagi, nilai jual sebuah properti di Indonesia tidak akan turun dalam angka yang drastis. Itulah mengapa permintaan apartemen saat ini semakin tinggi saja dari sebagian kalangan masyarakat. Generasi milenial saat ini menjadi kalangan dominan yang mencari apartemen untuk keperluan mereka, baik untuk dijadikan hunian maupun dijadikan investasi.

Beberapa tips tentunya perlu diperhatikan bagi setiap masyarakat supaya menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diharapkan. Tidak jarang pula kasus pembohongan yang terjadi atau malah kekeliruan yang menyebabkan kerugian besar pagi para pembeli. Langsung saja kita pelajari terlebih dahulu tips membeli apartemen berikut ini.

  1. Tentukan Pilihan Lewat Internet

Mengingat segala hal serba dipermudah dengan adanya dunia digital sekarang ini, tentu langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mengumpulkan pilihan dari internet. Lewat internet Anda dapat menemukan informasi mulai dari foto apartemen, harga, ulasan orang, sampai fasilitas yang disediakan. Dengan demikian Anda dapat menyesuaikan kebutuhan dengan lebih mudah. Coba kumpulkan dahulu semua pilihan yang dekat dengan ekspektasi Anda.

2. Ketahui Usia Bangunannya

Tahukah Anda usia bangunan menjadi hal penting yang perlu Anda perhatikan di awal pencarian? Terutama jika Anda berencana membeli apartemen second, sebaiknya mencari apartemen yang tidak terlalu lama dibangun. Biasanya bangunan yang sudah tua membutuhkan biaya perawatan yang lebih banyak, sehingga jika Anda memilih untuk tinggal di apartemen akan direpotkan oleh berbagai perawatan karena bangunan yang telah tua.

Cek Juga: Jual Rumah Sentul

3. Ketahui Biaya Pengeluaran secara Mendetail

Hal penting dalam memilih hunian apartment. Tentu apartment yang sudah Anda dapatkan dari internet harus sesuai dengan biaya yang Anda persiapkan. Sebagai generasi milenial, informasi mengenai cara pembayaran menjadi hal yang essential, mulai dari potongan yang diperoleh ketika membayar cash, harga angsuran setiap bulan, management fee, pajak, atau berita mengenai KPA (kredit pemilikian apartment).

Kemudian tidak sampai di situ saja, ada sebagian biaya operasional yang harus ditanggung ketika menghuni di apartemen, seperti biaya laundry di sana, perawatan kebersihan, air, listrik, dan lainnya. Ada baiknya jika Anda memperhitungkan semuanya terlebih dahulu ketika ingin menyewa apartemen. Jangan hanya terpaku oleh apartemen murah di Jakarta, tetapi juga unsur-unsur pendorong di dalamnya juga harus Anda amati.

4. Tentukan Spesifikasi Unit dan Pelajari Jenisnya-jenisnya

Untuk mendorong kenyamananmu ketika menghuni apartemen, perlu dicari tahu juga berita seputar spesifikasi unit dan prosedur-prosedur ketika akan mengisi ruangan tersebut. Seandainya terdapat tiga pilihan apartemen, yaitu unfurnished, semi-furnished, dan full-furnished. Tetapi apabila Anda lebih tertarik untuk mengisi ruangan dengan peralatan yang ada, Anda bisa memilih unfurnished. Tetapi rata-rata apartemen yang ditawarkan berupa semi–furnished, sehingga kamu hanya perlu menambahkan dari sebagian peralatan yang telah disediakan.

Adapun spesifikasi lain seperti ukuran apartemen yang disediakan, mulai dari studio, satu kamar, dua kamar, dan kelas luxury sudah pasti disediakan oleh pihak apartemen. Usahakan untuk memilih yang sesuai dengan keperluan Anda, jangan sampai terbuai oleh luas dan tampilan ruangan yang bagus, tetapi harus membayar biaya yang besar nantinya.

Baca Juga: Perumahan Sentul City

5. Untuk Informasi yang Lebih Jelas, Tidak Ada Salahnya Menghubungi Tim Marketing

Terkadang kita merasa informasi yang diperoleh di internet kurang meyakinkan atau kurang lengkap. Oleh karena itu tidak ada salahnya jika Anda menghubungi langsung pihak marketingnya. Hitung-hitung Anda juga dapat menanyakan promo atau potongan harga. Lalu sesudah Anda merasa yakin dengan informasi yang diperoleh, Anda bisa menuju ke langkah selanjutnya untuk membatasi jadwal melakukan site visit.

6. Cari Tahu Reputasi Developer

Kadang-kadang hal ini juga sering terlupakan, terlebih bagi bagi kalangan milenial. Sebelumnya, Anda harus mencari tahu reputasi developer dari bangunan apartemen tersebut. Untuk apa? Hal ini sesungguhnya akan memberi pengaruh keberlangsungan hidup Anda ketika menghuni apartemen nanti. Pembangunan apartemen mulanya pasti lewat cara kerja perizinan yang panjang dan tidak mudah. Sertifikat itu banyak ditemukan para developer yang membangun bangunan meskipun perizinan masih belum pasti disahkan, sehingga kelangsungan penyewa malahan menjadi tidak jelas. Jangan sampai hal ini terjadi pada Anda.

Simak Juga: Perumahan di Sentul Bogor

7. Pelajari Mengenai Sertifikat dan Legalitas Bangunan

Dari developer ini, jangan lupa juga untuk periksa beberapa surat yang mereka miliki, diantaranya Hak Guna Bangunan, kemudian ada jug surat izin prinsip, surat Izin Mendirikan Bangunan (IMB), dan Surat Izin Penggunaan Peruntukan Tanah (SIPPT). Setelah Anda tahu pihak apartemen mempunyai perlengkapan surat tersebut, lakukan pula pengecekan dan validasi ke instansi. Jangan lupa juga untuk meminta Sertifikat Hak Satuan Rumah Susun (SHSRS).

8. Bagaimana Manajemen Pengelolanya?

Untuk saat ini, Anda cukup mencari tahu gambaran besar reputasi pihak pengelola atau manajemen gedung tersebut. Cari tahu bagaimana sistem di dalamnya, penanggapan saat terjadi keluhan, pelayanan, dan lain-lain. Mungkin hal ini tidak terlalu dipikirkan di awal, tetapi nyatanya banyak penyewa yang sudah menempati hunian baru merasakan kejanggalan dan akibatnya mengeluh banyak hal.

9. Seberapa Besar Potensi untuk Investasinya?

Jika kebutuhan Anda memilih apartemen untuk investasi, ada beberapa hal lagi yang harus diperhatikan agar mendapat keuntungan yang maksimal. Tentukan terlebih dulu, apakah apartemen tersebut ingin Anda sewakan kembali atau dipasarkan kembali. Masing-masing mempunyai perhitungannya. Biasanya para pemilik akan menyewa terlebih dahulu supaya mendapatkan pendapatan secara berkala . Tapi hal terpenting dari bagian investasi ini, Anda perlu menggali kabar apakah apartemen ini berpotensi besar untuk diinvestasikan, baik dari lokasi, ukuran ruangan, fasilitas yang kamu sediakan, dan lain sebagainya.

Cek Juga: Apartemen Jakarta Pusat

10. Bagaimana Fasilitas Keamanan dalam Gedung?

Tentunya faktor keamanan jadi bagian penting ketika ingin menghuni suatu tempat. Tidak hanya di rumah, apartemen juga harus mempunyai unsur yang mensupport keamanan. Apartemen pada umumnya mempunyai penjaga atau security pada setiap pintu masuk, kemudian terdapat kamera CCTV, fasilitas pencegah kebakaran, struktur anti gempa, dan genset cadangan.Hal-hal seperti ini tidak jarang terlupakan, yang seharusnya essential dalam hidup kita.

11 Perhitungkan Biaya Disaat Tinggal di Apartemen

Disaat mulai menghuni apartemen, Anda harus tahu bahwa biaya pengeluaran yang akan keluar nanti cukup banyak. Anda harus memperhitungkan bagaimana sehari-hari mengeluarkan biaya laundry, dunia online, gas, furniture, makan dan minum, dan lain sebagainya.

Segala sesuatunya memang perlu diperhatikan, demikian pula dengan membeli apartemen. Memilih aparteme bukanlah hal yang mudah, entah itu untuk dihuni maupun disewakan kembali. Oleh karena itu, pastikan Anda melewati langkah-langkah yang tepat sebelum membeli apartemen, supaya hal-hal yang tidak diinginkan tidak terjadi kedepannya.

Kunjungi Juga: Apartemen Mewah di Menteng